loading...

Senin, 17 Desember 2018

Minum Kopi Membuat Orang Cepat Tua?



SRENGENGE.ID - Benarkah rutin minum kopi membuat orang terlihat lebih tua dari usia seharusnya? Apakah itu sekadar mitos atau memang memiliki argumentasi ilmiah?
tempo co

Kopi mengandung kafein yang disatu sisi punya manfaat bagi tubuh, terutama dalam memperbaiki mood dan fokus, namun ternyata minuman seperti kopi (dan minuman bersifat adiktif lain seperti alkohol, minuman soda, dlsj) bersifat diuretik.
loading...

Artinya, minuman itu tidak diolah secara langsung menjadi air kencing, sehingga betapapun banyaknya dikonsumsi, tidak bisa digunakan untuk mengatasi dehidrasi. Dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh ini mempercepat proses katabolisme dalam tubuh, sehingga kulit cepat kering, ganggung pencernaan, sakit kepala dan semacamnya.

Para pecandu kopi seringkali mengalami pusing atau sakit kepala ketika berhenti minum kopi sehari saja. Sebenarnya itu merupakan efek katabolik yang justru diakhibatkan oleh kopi itu sendiri.

Masalahnya, seringkali orang merasa tidak haus lagi setelah minum kopi, padahal kopi tidak mengatasi dehidrasi. Inilah yang membuat katabolisme dalam tubuh bereaksi lebih cepat sehingga orang terlihat cepat tua, dilihat dari keringnya kulit, cepat lelah, salah cerna, dsj.

dr. Hans Diehl dan dr. Aileen Ludington dalam sebuah buku berjudul *Health Power : Health by Choice Not Chance* merekomendasikan agar mengimbangi minum air putih setelah minum kopi dan minuman diuretik lainnya.

Pada intinya minum kopi tidak berdampak terlalu buruk jika asupan cairan lain tercukupi. Karena bagaimanapun kopi bersifat diuretik, sehingga tidak bisa menggantikan peran air putih bagi tubuh. (Red.fa)