loading...

Kamis, 22 September 2016

Din Syamsudin dan Abdul Mu'ti Mewakili Umat Islam Pada Konferensi Perdamaian dunia

foto dok Din Syamsudin on Facebook

Prof. Dr. Din Syamsudin sebagai ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia dan Dr. Abdul Mu'ti, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah hadir dalam Conference on Thirst for Peace, di Piazza Inferiore di San Fransesco, Assisi, Italia (20/09/16). Din Syamsudin mengapresiasi pihak penyelenggara yaitu lay Community of Sant’Egidio, yang rutin mengadakan pertemuan tersebut.

Dalam sambutannya, Din menyatakan jika perdamaian itu penting. Tidak ada perdamaian hanya akan menyuburkan terorisme dan ketidakadilan di dunia. Din juga menyayangkan adanya pihak yang mengatasnamakan Islam dalam setiap aksi kejahatan yang diperbuatnya.

"lamented that lack of peace in the world is expressed in injustice, terrorism and other evils, and that some groups use the name of Islam to carry out violent acts," jelas Din dalam bahasa Inggris.

Sebelum acara, Din juga disambut secara khusus oleh Paus Franciscus di ruang privat. Kehadiran Din sebagai wakil dari Muslim, sekaligus sebuah negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia menjadi sangat penting untuk menjawab berbagai tantangan global, terutama perihal toleransi antar umat beragama dan perdamaian dunia.

"Pidato mewakili Delegasi Muslim pada Conference on Thirst for Peace (di hadapan Paus Fransiscus), sebelumnya diterima privat di Ruang Kepausan, Piazza Inferiore di San Fransesco, Assisi, Italia, 20 September 2016. Dalam keaempatan yang sama hadir pula Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Dr. Abdul Mu'ti, M.Ed," tulis Din dalam halaman facebooknya. (*)